Sabtu, 05 November 2016

Manfaat Ict dalam Duni Pendidikan

Menurut penelusuran UNESCO (2013), ada lima manfaat yang dapat diraih melalui penerapan ICT dalam sistem pendidikan:
1. mempermudah dan memperluas akses terhadap pendidikan;
2. meningkatkan kesetaraan pendidikan (equity in education);
3. meningkatkan mutu pembelajaran (the delivery of quality learning and teaching);
4. meningkatkan profesionalisme guru (teachers’ professional development);
5. meningkatkan efektifitas dan efisiensi manajemen, tata kelola, dan administrasi pendidikan.


 Manfaat ICT juga dapat dilihat dari berbagai aspek, diantaranya :



Kurikulum dan Konten
       ICT sebagai sumber ilmu pengetahuan dengan kapasitas dan ruang lingkup yang hampir tidak terbatas. Dalam konteks ini ICT dapat digunakan untuk, pengelolaan data, sebagai alat komunikasi antar institusi pendidikan, pusat pengembangan materi ajar, media pengembangan kurikulum dan sebagai komunitas perbandingan standar kompetensi.


Fasilitas dan Sarana Prasarana
       Teknologi informasi dan komunikasi memberi manfaat yang sangat berarti dalam penyediaan fasilitas dan sarana prasarana pendidikan. ICT di sekolah dapat berupa internet, perpustakaan digital, laboratorium multimedia, dll. Sumber daya manusia penguasaan dan pemanfaatan ICT untuk kepentingan pembelajaran merupakan salah satu standar kompetensi guru sekolah dasar.
Administrasi Lembaga Pendidikan
      Admistrasi lembaga pendidikan merupakan salah satu lini pendidikan yang sangat terbantu dengan kehadiran ICT. Manajemen peserta didik, guru, kelas, materi dan ekstra kulikuler sebagai proses inti dalam administrasi menjadi lebih mudah dilakukan dengan ketelitian dan keakuratan yang lebih terjamin. Semua ini karena fasilitas yang disediakan ICT memiliki beberapa fitur untuk membantu masalah administrasi.
Manajemen dan Kebijakan Lembaga Pendidikan

      Lembaga pendidikan perlu mengembangkan sistem informasi manajemen sekolah, sistem penunjang keputusan, sistem informasi manajemen berbasis sekolah dan sebagaimya. Dari berbagai sistem yang dikembangkan dapat diperoleh informasi secara akurat dan terkini sebagai dasar manajemen sekolah dapat mengambil kebijakan sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar